Friday 26 February 2016

IPNU Jawa Tengah Deklarasikan Pelajar Anti Radikalisme

Unknown     19:05    


Warta Semar, Kendal – PW IPNU Jawa Tengah bersama beberapa sekolah di Kendal mengadakan Apel di Alun-alun Kendal. Apel ini digagas guna untuk memperingati Harlah IPNU ke 62, Jumat (26/02). Acara ini merupakan acara inti dari serangkaian acara Harlah yang diadakan selama dua hari, yang dimulai kamis kemarin (25/02).

Sekitar 1000 pelajar memenuhi Alun-alun pagi itu. Beberapa sekolah yang hadir dalam Apel ini, diantaranya berasal dari MTs N Brangsong, SMP N 1 Kendal, SMP N 3 Patebon, SMP 2 Kendal, SMK N 4 Kendal, dan SMK NU 02 Kendal.

Pada pukul 09.00 WIB Acara Apel ini dimulai, yang sebelumnya didahului dengan geladi bersih. Agenda ini di isi dengan pembacaan teks Deklarasi Pelajar Anti Radikalisme.

Pembacaan teks Deklarasi Pelajar Anti Radikalisme dilakukan setelah pembacaan Undang-Undang Dasar 1945. Di bawah ini adalah kitipan lengkap teks deklarasi tersebut.

Deklarasi Pelajar Anti Radikalisme
Pertama, kami pelajar Jawa Tengah menolak setiap gerakan radikalisme dalam bentuk apapun di seluruh penjuru nusantara, karena bertentangan dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
Kedua, kami pelajar Jawa Tengah menolak segala bentuk kegiatan apapun yang berhubungan dengan gerakan radikalisme, khususnya ISIS, sebab bertentangan dengan nilai-nilai agama apapun, dan kemanusiaan.
Ketiga, kami pelajar Jawa Tengah menolak segala bentuk aksi kekerasan ekstremisme dan terorisme di bumi nusantara.
Keempat, kami pelajar Jawa Tengah siap meningkatkan kewaspadaan terhadap upaya dan usaha pembentukan dan penyebaran paham radikal, seperti ISIS, di lingkungan pendidikan
Kelima, kami pelajar Jawa Tengah berkomitmen menebarkan kasih sayang kepada semua pelajar dan masyarakat pada umumnya, serta mengajak dan memberikan inspirasi kepada generasi muda untuk menjadi agen perubahan bagi terwujudnya perdamaian, dan melakukan perubahan positif dalam lingkungan masing-masing, dan
Keenam, kami pelajar Jawa Tengah siap bekerja sama serta mendukung pemerintah, TNI dan Polri dalam menanggulangi dan memberantas gerakan radikalisme khususnya ISIS di seluruh bumi nusantara

Setelah teks deklarasi selesei dibacakan, dan diikuti oleh semua peserta Apel, pembina Apel menyampaikan amanat kepada peserta Apel. Beliau menghimbau para pemuda NU untuk selalu mewarisi semangat NU dalam mempertahankan NKRI, karena dalam sejarahnya NU selalu berupaya menangkal gerakan-gerakan radikalisme yang merongrong sendi-sendi keutuhan negara.
“Pada darah saudara mengalir darah untuk menegakkan NKRI, karena kalian adalah anak-anak muda NU yang mewarisi semangat juang leluhur NU ... NKRI harga mati!,” paparnya dalam sesi amanat pembina upacara.


Apel ini dihadiri oleh beberapa tokoh penting: Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Jawa Tengah, Drs. H. Nur Ali, yang menjadi pembina Apel, Bapak Ahmad Zuhri, yang memberikan doa, Dr. KH. Arja’ Imroni dan Dr. KH. M. Abbas Fuad Hasyim, yang keduanya memberikan orasi kebangsaan. Serta hadir juga Bupati Kendal, Ibu Mirna Annisa, Dinas Pendidikan Provinsi, Kemenag Kendal, dan Dwipora Prov. Jateng.[Adib]

0 comments :

© 2011-2014 Warta Semar.com | Distributed By My Blogger Themes | Designed By Bloggertheme9